Perbekel Desa Ped

I Ketut Karya

Pujawali Buda Wage Kulawu di Dalem Ped, Penyeberangan ke Nusa Penida Melonjak 80 Persen

  • 04 Januari 2017
  • Dibaca: 1230 Pengunjung
Pujawali Buda Wage Kulawu di Dalem Ped, Penyeberangan ke Nusa Penida Melonjak 80 Persen

Bertepatan dengan pujawali di Pura Dalem Ped yang jatuh pada Buda Wage Kulawu, Rabu (4/1/2017) hari ini, kondisi sejumlah pelabuhan tradisional di Klungkung seperti Pelabuhan Tribhuana, Banjar Bias serta Pesinggahan terpantau padat dan mengalami lonjakan penumpang yang cukup signifikan.

Berdasarkan pantauan di Pelabuhan Tribhuana, Desa Kusamba, tampak ratusan warga menantikan kapal boat untuk menyebrang ke Nusa Penida.

Sebagian besar dari mereka tampak menggunakan pakaian adat Bali, hendak menyebrang untuk melakukan persembahyangan di Pura Dalem Ped.

 

"Penumpang memenuhi Pelabuhan Tribhuana sejak jam enam pagi. Sampai puncaknya sekitar  pukul 11.00 Wita, di Pelabuhan Tribhuna kapal boat sudah sampai tujuh  trip keberangkatan. Terjadi lonjakan penumpang hingga 80 persen," ujar  Staf pengawas Pelabuhan Tradisional Tribhuana, Dishubinfo Klungkung, I Made Sedana Yoga, Rabu ( 4/1/2017). 

Ia menjelaskan, jumlah ini melonjak beberapa kali lipat dibandingkan hari-hari biasa.

Normalnya kapal boat melayani 3 -5 trip keberangkatan selama sehari.

Namun, saat pujawali di Pura Dalem Ped, keberangkatan melonjak hingga 2 kali lipat atau sekitar 7 sampai 10 kali trip (keberangkatan) dalam sehari.

Menurut Sedana Yoga, lonjakan penumpang diprediksi akan terjadi Kamis (5/1/2017).

"Kondisi gelombang saat ini sangat  bersahabat dan masih memungkinkan untuk dilakukan penyebrangan, walaupun tadi pagi Klungkung sempat diguyu hujan cukup deras. Membludaknya penumpang ini kita prediksi mencapai puncaknya Kamis (5/1/2017), dan terjadi hingga minggu (8/1/2017) mendatang. Untuk sekali penyebrangan, kapal boat ini mampu menampung 52 penumpang, " jelas Made Sedana Yoga.

Sumber : http://bali.tribunnews.com/2017/01/04/pujawali-buda-wage-kulawu-di-dalem-ped-penyeberangan-ke-nusa-penida-melonjak-80-persen

  • 04 Januari 2017
  • Dibaca: 1230 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita