Perbekel Desa Ped

I Ketut Karya

Aura Mistis Pura Dalem Ped

  • 02 November 2016
  • Dibaca: 635 Pengunjung
Aura Mistis Pura Dalem Ped

Pura Penataran Agung Dalem Ped terletak di Kecamatan Nusa Penida. Tepatnya di Desa Ped Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung Bali. Kalau turun dari Pelabuhan Kapal Roro Desa Kutampi, menuju Pura Dalem Ped kearah barat sekitar 7 kilometer. Di sekitar areal Pura Dalem Ped, ada empat Pura biasanya pemedek mengahturkan Bhakti. Yang Pertama adalah Pura segara kemudian Pura Taman, lalu Pura Ratu Gede dan Pura Penataran Agung.

Pujawali Pura Penataran Agung Dalem Ped pada Buda Cemeng Klawu setiap enam bulan sekali. Pada 15 April 2015 mendatang akan dirayakan Pujawali di Pura Penataran dalem Ped. Biasanya pemedek akan tumpah ruah ke Pura Dalem Ped . Pemedek yang tangkil ke Pura Dalem Ped tidak saja dari warga Nusa Penida, tetapi banyak dari Bali daratan juga. Seiring perkembangan transportasi, kinipemedek yang datang dari daratan Pulau Bali bisa mempunyai banyak alternatif. Bisa melalui speed Boat, Sampan maupun kapal Roro. Karena ramai pada saat Bude Cemeng Klawu Puja wali di Pura Dalem Ped, saat itulah para pemilik angkutan baik laut dan darat meraup untung.

Sebagai Pura kahyangan Jagat, Pura Dalem Ped yang banyak pemedek tangkil, tidak sekedar menghaturkan bhakti. Banyak pula yang datang pedek tangkil memiliki tujuan berobat dari sisi niskala. Sudah diketahui oleh masyarakat umum Pura Penataran Agung Dalem Ped memiliki aura mistis. Ini nampak banyak tapakan atau balian ( pengobat tradisional Bali ) yang datang untuk memohon kekuatan dalam menyembuhkan. Biasanya tapakan atau Balian yang datang dengan mudah dikenali dari penampilannya yang lain dari pada yang lain, dengan berpakain serba poleng ( hitam putih ) membawa keris atau senjata.

Mistisnya aura di lingkungan Pura Dalem Ped ternyata menyebabkan warga atau pemedek tidak berani merusak, mengambil atau menembak burung yang ada disana. Hal inilah menyebabkan satwa khususnya burung berkembang biak secara baik di Pura Penataran Agung Dalem Ped. Kita dengan temui secara mudah ada tekukur, titiran maupun jalak yang banyak di Pura Penataran Agung Dalem Ped. Suaranya yang merdu dan beraneka ragam ini menyebabkan pemedek betah di Pura dalem Ped. Mereka mencari makanan dari sisa-sisa haturan sesajen yang banyak terdapat disekitar Pura.

  • 02 November 2016
  • Dibaca: 635 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita