Artikel

PENDAMPINGAN SADAR WISATA DAN LAYANAN BERBASIS HOSPITALITY DI DESA PED NUSA PENIDA KLUNGKUNG BALI

19 September 2023 19:51:29  Administrator  27 Kali Dibaca  Berita Lokal

Kegiatan Sosialisasi Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) di Desa Ped Nusa Penida dengan tema "Pendampingan Sadar Wisata dan Layanan Berbasis Hospitality" dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 22 Agustus 2023 bertempat di Kantor UPT Bersama Nusa Penida, Kabupaten Klungkung yang dihadiri oleh Perbekel Desa Ped, Kelompok Ibu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga), Mahasiswa/i KKN Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Desa Ped, Mahasiswa/i KKN Universitas Udayana Desa Kutampi Kaler-Batununggul-Batumadeg, Siswa/i SMKN 1 Nusa Penida, Guru dan Pegawai SMKN 1 Nusa Penida, Siswa/i SMAN 1 Nusa Penida, Guru dan Pegawai SMAN 1 Nusa Penida, Karang Taruna Desa Ped, Himpunan Penggiat Pariwisata Nusa Penida, Dekan Fakultas Pariwisata Universitas Udayana yaitu Bapak Dr. I Wayan Suardana, SST.Par, M.Par, adapun Narasumber berasal dari Dosen Universitas Udayana yakni Bapak I Wayan Darsana,S.S.,M.Par, kemudian Bapak I Nyoman Arto Suprapto,M.Si S.T dari Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional Bali (IPBI Bali) dan Anzella Natalia selaku membawa acara serta Koordinator Kegiatan Sosialisasi Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Nusa Penida yakni Raden Bagus Angelo Basario Marhaenis Manurung.

Susunan acara dalam Kegiatan Sosialisasi Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) di Desa Ped Nusa Penida yaitu sebagai berikut : Pembukaan, Doa, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Sambutan dari Koordinator Mahasiswa KKN Unud Desa Ped yaitu Andre Jefta Hamonangan Sitorus, Sambutan dari Dosen Pembimbing Lapangan Desa Ped yaitu Dr. I Wayan Suardana, SST.Par, M.Par, Sambutan Perbekel Desa Ped yakni Bapak I Wayan Darwata, Materi Pertama Diisi oleh Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional Bali (IPBI Bali) yaitu Bapak I Nyoman Arto Suprapto,M.Si S.T. tentang Pariwisata dan Sadar Wisata, Kemudian Materi Kedua dilakukan oleh Bapak I Wayan Darsana,S.S.,M.Par mengenai Layanan Berbasis Hospitality yang berasal dari Universitas Udayana, dilanjutkan dengan Sesi Diskusi, Kata Penutup, dan Penyerahan Sertifikat dan Sesi Foto Bersama.

Sambutan dari Dosen Pembimbing Lapangan Desa Ped yaitu Dr. I Wayan Suardana, SST.Par, M.Par beliau menyampaikan "terimakasih atas para Mahasiswa KKN Desa Ped yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, potensi peluang wisata untuk Kecamatan Nusa Penida terkhusus Desa Ped sangat luar biasa sehingga kita harus memanfaatkan dengan baik dan melestarikan, menjaga wisata milik kita semua dan sadar terhadap apa yang terjadi dalam masyarakat, pariwisata dan perhotelan". Sambutan dari Koordinator Mahasiswa KKN Unud Desa Ped yaitu Andre Jefta Hamonangan Sitorus, beliau menyampaikan Tentang "kami perwakilan dari Mahasiswa KKN Nusa Penida, lebih khusus Desa Ped ucapkan banyak terima kasih atas kegiatan ini, diadakannya Sosialisasi Pokdarwis semoga bermanfaat dengan baik".

Hasil daripada kegiatan ini dalam rangka mewujudkan pengembangan pariwisata yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat lokal serta lingkungan, pendampingan sadar wisata dan layanan berbasis keramahan (hospitality) memiliki peran penting. Dengan memberikan edukasi, pelatihan, dan membangun kesadaran, masyarakat dan pelaku industri pariwisata dapat memahami nilai budaya, lingkungan, dan ekonomi yang terkandung dalam pariwisata. Melalui keterlibatan komunitas, pengembangan produk wisata, dan promosi yang edukatif, destinasi pariwisata dapat menciptakan pengalaman yang berarti bagi wisatawan hingga memelihara kelestarian lokal. Dengan kolaborasi yang kuat dan komitmen terhadap praktik berkelanjutan, pendampingan sadar wisata dan layanan berbasis keramahan akan membawa dampak positif jangka panjang dalam menjaga warisan budaya dan alam serta memperkaya pengalaman wisatawan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pengaduan Online

 Peta Desa

 Statistik

 Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

 Aparatur Desa

 Media Sosial

 Arsip Artikel

07 Agustus 2018 | 4.458 Kali
Sejarah Desa Ped
23 September 2021 | 1.182 Kali
PELATIHAN PEMBUATAN MAKANAN DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PKK DESA PED, HATINYA PKK PROGRAM AN
31 Maret 2013 | 906 Kali
Arti Lambang Desa
03 Agustus 2021 | 672 Kali
LATAR BELAKANG SEJARAH DESA PED
07 Agustus 2018 | 649 Kali
Profil Wilayah Desa Ped
30 Juni 2021 | 621 Kali
VAKSINASI WARGA
06 Agustus 2018 | 467 Kali
Pemerintah Desa

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:133
    Kemarin:61
    Total Pengunjung:296.656
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.234.244.181
    Browser:Tidak ditemukan

 Komentar